RSS

Arsip Bulanan: April 2012

Asal-usul Suku Sikumbang

Kalau ada prtanyaan kenapa nama gw Sikumbang….., ne baca

Suku Sikumbang termasuk suku yang banyak berkembang di antara suku-suku Minangkabau. Warga suku ini menyebar di berbagai wilayah Minangkabau baik di luhak, rantau ataupun di perantauan.

Ada beberapa kata yang terkait dengan asal usul nama suku Sikumbang yaitu kata kumbang. Kumbang bisa berarti sejenis serangga, atau sebuah nama untuk macan tutul (harimau). Sikumbang sangat terkenal di zaman dulu di ranah Minangkabau. Bahkan Sutan Balun yang kemudian bergelar Datuk Perpatih Nan Sebatang diceritakan oleh Gus tf Sakai. Jadi besar kemungkinan dahulu suku Sikumbang adalah orang-orang yang suka berburu dengan menggunakan harimau, dan harimau mereka yang terkenal adalah ‘Si Kumbang’ yang kemudian menjadi nama suku mereka.

Di nagari tertua dalam wilayah Minangkabau, yakni di nagari Pariangan, suku ini merupakan suku yang berperan sebagai hulubalang nagari, karena dalam suku Sikumbang ini, kaum laki-laki berjumlah banyak dan sangat ahli dalam beladiri. Selain itu, suku ini juga diutus untuk ke batipuh untuk meredakan perselisihan antara masyarakat batipuh ateh dengan batipuh bawah, yang mana pertikaian di picu oleh perbedaan faham antara Bodi Caniago dengan Koto Piliang.

Pemimpin dari suku ini yaitu seorang pendekar yang diberi gelar Tuan Gadang. Seluruh anggota suku Sikumbang mengabdikan diri pada Tuan Gadang. Atas keberhasilan suku ini meredakan pertikaian di batipuh, Tuan Gadangpun diberi gelar kembali, dengan gelar Hariamau Campo.

Ilmu Silek Harimau Campo

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa Harimau Campo adalah komandan yang memimpin tim ke daerah Luhak Agam. Karena akrab dengan masyarakat Minangkabau di Agam, anak dari Luhak Agam disebut macan. “Harimau Campo” juga mengajarkan Silek Tuo (Silek yang asli) kepada generasi yang secara dominan diwarnai dengan gerakan imitasi harimau dari daerah asalnya.

Ilmu Silek Kuciang Siam

Selain ilmu Silek Minangkabau yang dikembangkan di Canduang Lasi oleh Kuciang Siam dari generasi ke generasi. Secara umum masih Silek Tuo (Silek tua), tetapi pada dasarnya gerakan dominan dengan gerakan kucing, sebagai hewan peliharaan rumah untuk melindungi dari gangguan tikus.

Gerakan kucing sangat lembut dan tenang tapi berbahaya jika tertangkap olehnya. Ketika merasa diri di dihancurkan, yang pertama jatuh adalah kakinya dan tidak akan nyenyak, seperti tidak menginjak tanah. Dalam gerakan Silek, ada gerakan yang disebut “Jatuah Kuciang” berarti jatuh ke bawah seperti kucing.

Ilmu Silek Kambiang Hutan

Kan-Bin atau Kambiang Hutan yang berasal dari Cambay Malabar utara juga mewarisi ilmu atau Silek Tuo Silek Usali oleh Datuak Suri Dirajo. Ilmu Kambiang Hutan Silek dikembangkan di daerah Luhak Lima Puluh Kota, yang cirinya semacam ini bertindak lebih Silek gerakan menggunakan tangan di samping itu juga menggunakan memukul kepala dan kaki persimpangan tak terduga oleh lawan.

Ilmu Silek Anjiang Mualim

Anjing Mualim yang berasal dari Hindi selatan Persia atau Gujarat mengembangkan ilmu Silek Rantau Pesisir (wilayah rantau). Ketika kami anggap sudah seharusnya keberadaan Bukit Barisan (pegunungan) membentang dari Utara ke Selatan Barat Timur, dan dari pemerintah pusat ke Selatan bisa melihat etnis pegunungan dimulai dari Angkola, Mandailing, Minangkabau, Lebong, Rawas, Pasaman, gunung Marapi, gunung Seblat, gunung Kaba, dan Gunung Dempo, serta sungai mengalir dan pergi ke muara ini Pantai Timur Sumatera. Ini adalah daerah tempat An- Jin memimpin bagi pembangunan daerah asing serta tumbuh dari masyarakat. Semacam ini digunakan Silek gerakan pertempuran dan pertahanan dalam bentuk lingkaran.

Silek Usali (Silek Tuo) Silek Lama

Ilmu gayuang milik Datuak Suri Dirajo dan kombinasi dengan tiga jenis Silek di atas, adalah menciptakan Silek jenis bervariasi dari pertahanan diri dari Tanah Basa (India Selatan). Menangkap semacam ini disebut Silek begitu Silek Langkah Tigo (langkah tiga Silek) atau Silek Usali daripada yang bernama Silek Tuo, pada dasarnya adalah sumber utama Gayuang atau paling terkenal dengan sasaran “Sajangka Duo Jari”

Sasaran Sasaran (target) adalah tempat untuk mengajarkan murid (Anak Sasian) dari Silek. Ada beberapa cara atau beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu sesuai dengan “Alua jo Patuik”, diantaranta berdarah pada sasaran dengan darah ayam.

Pendidikan berbasis Silek ” Tau di Garak jo Garik” (mengerti gerak gerik) yang memerlukan kesadaran dan keputusan yang solid sebagai nasihat sebagai berikut:

Tahu dibayang kato sampai

Tahu di tunggua kamanaruang

Tahu dirantiang kamalantiang

Alun bakilek alah bakalam

Artinya: Tahu apa yang sedang dikatakan

Tahu apa yang bahaya

Tahu apa yang akan terluka

Berpikir secara mendalam sebelum suatu tindakan

Syarat menjadi “Pandeka” (Pendekar) adalah mengetahui dari Garak jo Garik (tujuan dan tindakan). Garak di Minangkabau tidak berarti tindakan, ini berarti suatu tujuan atau isyarat. Atau dapat dikatakan dalam perasaan, sementara Garik berarti tindakan yang dapat terlihat sehingga dapat dihindari, dihentikan, ditangkap atau dikunci.

Pengaruh hukum adat adalah begitu kuat di Minangkabau yang benar-benar membantu dalam pembentukan jiwa Pendekar Minangkabau seperti:

Yang bajanjang batanggo turun naiak

Batatah babarih, jauah buliah ditunjuakkan

Dakek buliah dipacikkan, cancang mamampeh

Ndak lapuak dek hujan, ndak lakang dek paneh

Yang berarti:

– Hormat

– Penuh kepercayaan

– Kejujuran

– Loyalitas

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized

 

Success for me

“Success is about more than simple resilience. It’s about using that downward momentum to people ourselves in the opposite direction. It’s about capitalizing on setbacks and adversity to become even happier, even more motivated, and even more successful.” – Shawn Achor

Years ago when I accepted my first job working in sales, I walked into the position with the intention of making tons of money and “making it big”. At the time, I firmly believed that the key to happiness lay in my pay cheque every two weeks. In order to increase my pay cheque, I read book after book on sales, so that I could become the best sales rep in the company. Within a year, I achieved that goal and earned an award for being in the top ranks of over 800 reps for my company. I had brought in just under half a million dollars in new business and had earned more money in a year than I had in the years before.

I thought that the praise, money and awards would make me happy because I believed that the definition of success was soley a result of how much money I had in my bank account. The truth was, even though I was riding on the success of my first year in sales, I was miserable. I hated the job, the people and the expectation that you lived and died by the numbers on your sales report. That got me thinking about what success really meant for me.

My definition of success today has changed drastically from what it was even a few years ago. Although professional success is important to me, a more holistic approach to my goals and life actually help me perform better.

For example, I’m definitely not the first person into the office in the morning. But these days that’s not important to me. Just because somebody puts more time in, doesn’t mean that their productivity or value to their company is any more than the next person. For me, I like to have the time to meditate, exercise and eat a healthy breakfast before I head on to work. This is important to me because this falls within my definition of success.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized

 
Gambar

Office on me

Keseharian di kantor gw merupakan hal yang paling istimewa dalam hidup.

Cinta, kebencian, emosi dan perasaan sensitif tak pelak selalu hadir disini. Kegembiraan dan kebersamaan lebih penting buat gw daripada gaji di akhir bulan. Resssss

Tapi jujur sehari ngak ngantor rasanya sebulang.. Resss banget.. huahahahah

Suka gw ma kantor gw. kaya sekarang ne.. saptu2 masuk juga. Ikut training Windows Project 2007… pffff lebih mudah mainin ipad si sebenarnya..

kagak terlalu butuh program ini di opis.. secara komputer kantor rada jadul alias suka heng.. hahahaha

ikutin aja… dari pada di kost tidur.. mending ke opis gw bisa makan gratis.. ada coffee break

ya sudah ne lagi training malah isi blog 😀

 

Office on me

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized

 
Gambar

alfard see

alfard see

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized

 
Gambar

ekspresi diri

ekspresi diri

Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

gitu deh…. cuma buat gaya2aan aja ..

dulu si ngerokok, sekarang pas lagi pengen aja… uda berenti, tapi ngak fokus jadi tottaly blom.

hmmmmm. Kalau udah makan sebanyak ini, gw susah gerak. Padahal badan gw ngak gemuk gemuk amat… puihh.

mau coba nyambung nge GYM di Saripan Pasific lagi.. sekarang udah kejauhan dari kost… duslu si tinggal ngesot sampe. sekarang ma jauhhh amat dari senayan… heheheheheeh jadi coba change rencana gymnya ke tempat lain..

eh kemaren bulan lalu ada yang buka tuh Jatomi namenye di Plaza kuningan….. udah bayar.. janjinya buka aprillll hmmmm “penipuuuuu”

masa postponed ampe June… batal olah raga lagi dah gw..

Ini 2 hari yang lalu tepar demam….. kalau ak dokter bilangnya si karradang tenggorokan ama apalah….

kalau dr. Alfath bilang si… teteeeeppp kurang olah raga mah… mau apa lagi.. orang saban minggu di opis gantian pada sakit..

BOS gw juga ngak kalah gemuknya… :d kasih support buat olah raga tapi kaga jadi2.. Chatrin doank yang rajin ngegym.. sercara doi mbak2 licah. mang gw.. omong doang….

ya sudah… intinye ye.. itu gambar… bilang ke elo2 pade.. jangan ngerokok dah….. kalau buat gaya2an… tarik buang aja asapnya.. heheheheheh jangan di telen..

sekian

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized

 

Alfath Amril Sikumbang

Try and erorr

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized

 

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2012 in Uncategorized